System pendingin fw(fresh water) di sebut
system closed/circulasi tertutup dimana fresh water dari tanki air tawar di
pompa dengan cooling fresh water pump untuk di salurkan ke mesin pesawat
(inlet) di gunakan buat pendinginan mesin-mesin tersebut seperti: main engine.
Main air compressor , Aircon, Condesor boiler dan Diesel generator. Outlet
/output fresh water yg keluar dari mesin-mesin tersebut menjadikan suhunya
panas karna menyerap energi panas dari mesin-mesin. Kemudian fresh water tersebut
menuju fresh water cooler untuk di dingingkan oleh air laut/ sea water dimana
air laut tersebut akan menyerap energi panas dari air tawar sehubung dengan temperture
air tawar akan turun lalu kembali ke tanki air tawar lagi. Proses circulasi
fresh tersebut berlangsung terus menerus . Di samping itu fresh water di back
up/ di dukung oleh fresh water expansion tank yg berfungsi untuk membantu
menjaga volume fresh water dalam system pendingin mesin-mesin jika airnya
berkurang disebabkan adanya kebocoran system ( o ring. Dll) dan juga menjaga
agar tidak ada udara yang masuk kedalam system pendingin fresh water tersebut.
Air tawar yang ada pada fresh water expasion tank saat ada kekurangan air pada
system pendinginan mesin akan mengisi ke system secara gravity jadi level fresh
water pada expansion tank jangan sampai level airx low level/minimum. Cooler
ada 2 macam: fresh water cooler system ( air tawar didinginkan oleh media air
laut ) Oil cooler system: oli di dinginkan oleh media air tawar/fresh water. Sedangkan
buat cooling sea water ( system pendinginan air laut) di sebut system open
/terbuka ( tdk circulasi tertutup. Air laut masuk lewat high dan low sea chest
/ saringan kemudian di pompa oleh sea water cooling pump menuju ke fresh water
cooler system untuk mendinginkan fresh water /air tawar panas yang dari mesin-mesin
Pesawat, Air laut ini akan menyerap suhu
panas dari air tawar dalam proses system cooler tersebut kemudian air laut yang
panas tersebut akan menuju dan dibuang lewat over boat valve ke laut.
Kesimpulan : System fresh water cooling : fresh
water tanki fresh water cooling pump mesin-mesin
pesawat/machinety fresh water
cooler system kembali di tampung ke
fresh water tank.
Oil cooler system : Fresh water tank fresh water cooling pump dinginkan
oil dlm proces cooler system air yang panas keluar dari oil cooler
system kemudian menuju fresh water oil cooler system untuk di turunkan fresh water
temperaturenya kemudian kembali menuju ke fresh water tanki .( closed
circulasi). Sea chest ada 2: High di gunakan saat kapal di pelabuhan agar tidak
banyak sampah dan lumpur masuk dalam system pendinginan air laut. Sedangkan untuk
low sea chest digunakan saat berlayar.
0 komentar :
Posting Komentar
kurre kurre sumanga' lako kamu mintu' tu umbasai te blogger.silahkan tambahkan komentar anda