Jumat, 24 Juli 2015

SYSTEM PENDINGIN AIR LAUT.


System pendingin fw(fresh water) di sebut system closed/circulasi tertutup dimana fresh water dari tanki air tawar di pompa dengan cooling fresh water pump untuk di salurkan ke mesin pesawat (inlet) di gunakan buat pendinginan mesin-mesin tersebut seperti: main engine. Main air compressor , Aircon, Condesor boiler dan Diesel generator. Outlet /output fresh water yg keluar dari mesin-mesin tersebut menjadikan suhunya panas karna menyerap energi panas dari mesin-mesin. Kemudian fresh water tersebut menuju fresh water cooler untuk di dingingkan oleh air laut/ sea water dimana air laut tersebut akan menyerap energi panas dari air tawar sehubung dengan temperture air tawar akan turun lalu kembali ke tanki air tawar lagi. Proses circulasi fresh tersebut berlangsung terus menerus . Di samping itu fresh water di back up/ di dukung oleh fresh water expansion tank yg berfungsi untuk membantu menjaga volume fresh water dalam system pendingin mesin-mesin jika airnya berkurang disebabkan adanya kebocoran system ( o ring. Dll) dan juga menjaga agar tidak ada udara yang masuk kedalam system pendingin fresh water tersebut. Air tawar yang ada pada fresh water expasion tank saat ada kekurangan air pada system pendinginan mesin akan mengisi ke system secara gravity jadi level fresh water pada expansion tank jangan sampai level airx low level/minimum. Cooler ada 2 macam: fresh water cooler system ( air tawar didinginkan oleh media air laut ) Oil cooler system: oli di dinginkan oleh media air tawar/fresh water. Sedangkan buat cooling sea water ( system pendinginan air laut) di sebut system open /terbuka ( tdk circulasi tertutup. Air laut masuk lewat high dan low sea chest / saringan kemudian di pompa oleh sea water cooling pump menuju ke fresh water cooler system untuk mendinginkan fresh water /air tawar panas yang dari mesin-mesin Pesawat,  Air laut ini akan menyerap suhu panas dari air tawar dalam proses system cooler tersebut kemudian air laut yang panas tersebut akan menuju dan dibuang lewat over boat valve ke laut. Kesimpulan : System fresh water cooling :        fresh water tanki         fresh water cooling pump          mesin-mesin pesawat/machinety         fresh water cooler system         kembali di tampung ke fresh water tank.

Oil cooler system : Fresh water tank         fresh water cooling pump        dinginkan oil dlm proces cooler system             air yang panas keluar dari oil cooler system kemudian menuju fresh water oil cooler system untuk di turunkan fresh water temperaturenya kemudian kembali menuju ke fresh water tanki .( closed circulasi). Sea chest ada 2: High di gunakan saat kapal di pelabuhan agar tidak banyak sampah dan lumpur masuk dalam system pendinginan air laut. Sedangkan untuk low sea chest digunakan saat berlayar. 

0 komentar :

Posting Komentar

kurre kurre sumanga' lako kamu mintu' tu umbasai te blogger.silahkan tambahkan komentar anda

 

ARTIKEL TERBARU

Flag Counter

STAY UPDATE

SITE INFO

Copyright © 2012 RANTE BALIK Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger